Jumat, 23 Maret 2012

Dalam Kondisi Terparah, Iritasi Akibat Tomcat Bisa Sampai 10 Hari

Fajar Pratama - detikNews
Jumat, 23/03/2012 07:14 WIB
Jakarta Serangga Tomcat saat ini tengah jadi pembicaraan setelah beraksi dan menimbulkan wabah di Surabaya Jawa Timur, serta hari ini sampai di Jakarta. Dalam kondisi terparah racun dari badan Tomcat bisa membuat iritasi di kulit sampai 10 hari.

"Pada kondisi normal ya cuma 3-4 hari. Tapi dalam kondisi terparah bisa sampai 10 hari," tutur Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang, Kemenkes, dr. Rita Kusriastuti, MSc kepada detikcom, Jumat (23/3/2012).

Kondisi parah itu, lanjut Rita, bisa disebabkan oleh kondisi tubuh seseorang. Selain itu parahnya alergi akibat Tomcat juga dipengaruhi oleh, seberapa dalam racun itu masuk ke dalam kulit.

"Kalau digaruk maka racunnya semakin dalam, keadaanya jadi semakin parah," ujar Rita.

Bagaimana gejala alerginya? Rita mengatakan masyarakat tidak perlu terlalu khawatir karena iritasi Tomcat tidak begitu menakutkan, dan hanya bereaksi di kulit, tidak sampai menimbulkan demam.

"Iritasinya itu berupa bentolan dan terasa panas. Terasa maksimal 24 jam setelah terkena racunnya. Bisa membuat demam kalau digaruk dan lubang itu dimasuki bakteri lain," papar Rita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar